Enam Cara Menghafal Al-Qur'an Bagi Pemula

Enam Cara Menghafal Al-Qur'an Bagi Pemula - remajaonline.com


Apakah Anda pemula yang ingin menghafal alqur'an?  Apa yang harus dilakukan agar cepat hafal qur'an?


Disini remajaonline.com berbagi pengalaman tentang cara menghafal alquran yang cepat bagi pemula.
Ada beberapa hal yang harus dilakukan bagi setiap orang yang ingin menghafal alqur'an.

1. Niat. 

Setiap sesuatu yang kita lakukan itu tergantung niat kita. Kita pergi ke pasar karena niat kita ingin ke pasar,  sehingga sampai pada tujuan.  Kita pergi ke kampus dan sampai di kampus karena niat kita ingin pergi ke kampus.  Sehingga sampai di kampus.  Oleh karena itu,  kalau kita ingin menghafal alquran,  maka niatkan dalam hati kita yang kuat bahwa kita ingin menghafal alqur'an.  Niatkan dalam hati kita bahwa kita bisa menghafal seluruh isi alqur'an.  Karena niat yang kuat akan memberikan efect positif pada tubuh kita,  sehingga bisa mempercepat menghafal al-qur'an.

2. Fokus. 

Setiap manusia itu hanya bisa fokus pada satu tujuan.  Kalau seandainya dia di beri amanah,  pasti akan ada amanah yang di prioritaskan atau di fokuskan. Semakin bnyak amanah yang dia pegang,  semakin banyak pula yang harus dia fokuskan.  Oleh karena itu,  kalau kita ingin cepat menghafal al-qur'an,  maka jadikan al-qur'an sebagai prioritas pertama.  Sehingga kita lebih terfokus pada alqur'an. Usahakan jangan terlalu banyak memegang amanah,  karena akan mngganggu konsentrasi dalam menghafal alquran. Jadi fokuskan atau prioritaskan waktu kita pada alqur'an.

3. Target.


Buatlah sebuah target yang sekiranya bisa kita jangkau.  Misal,  kita targetkan dalam satu bulan pengen dapat satu juz.  Maka,  dalam sehari kita harus menghafal 1 halaman.  Atau kita target dalam 2 bulan ingin dapat 1 juz. Maka,  dalam sehari minimal hafal 1/2 halaman.  Nah,  targetan ini dapat mempengaruhi kita dalam mempercepat menghafal alqur'an.  Tergantung targetan yang kita buat.

Kunjungi juga. Kenikmatan para penghuni surgahttps://www.remajaonline.com/2018/07/sungai-sungai-dan-mata-air-di-surga.html?m=1

4. Patner atau teman.

Salah satu cara cepat untuk menghafal alqur'an adalah patner atau teman seperjuangan.  Teman ini sangat berpengaruh dalam mempercepat hafalan alqur'an.  Karena kita bisa berlomba-lomba dalam kebaikan.  Selain itu,  hafalan kita yang sudah hafal juga harus di setorkan kepada teman.  Agar hafalan kita tidak keliru,  baik dalam segi makhorijul huruf atau dalam tajwidnya. Karena salah pengucapan dalam makhrojnya atau dalam panjang pendeknya,  itu dapat mengubah arti  alqur'an.  Dengan adanya patner juga,  targetan yang kita tulis akan selalu dia ingatkan. Selagi kita meminta patner kita untuk mengingatkan dalam hal terget hafalan. Jadi,  patner itu sangat penting dalam mempercepat menghafal alqur'an.

5. Manage time.

Manage waktu.  Ada beberapa waktu yang dapat mempercepat  menghafal alquran. Yaitu saat subuh. Waktu subuh adalah waktu yang paling efektif dalam menghafal al-quran.   Kenapa?  Karena pada waktu subuh, pikiran  kita masih  belum di pakai untuk apapun.  Jadi   pikiran kita masih fresh untuk  menghafal al-qur'an.  Usakan dapat meluangkan waktu 1 jam untuk menghafal alqur'an di waktu subuh. Jangan terlalu sedikit,  karena bagi pemula itu akan berbeda rasanya dengan orang yang sudah terbiasa menghafal al-qur'an.  Jangan terlalu lama juga dalam menghafal alqur'an. Karena  Idealnya orang dapat fokus itu 45 menit. Oleh karena itu,  kita ambil 1 jam untuk jaga-jaga kalau targetan kita masih belum beres.

6. Muroja'ah (ulangi hafalan yang sudah di hafal)


Murojaah ini juga sangat penting dalam membantu mempercepat menghafal al-qur'an.  Kalau kita sudah hafal 1 juz,  lalu tidak di murojaah itu akan mempengaruhi dalam menghafal juz selanjutnya,  karena kita akan merasa tidak nyaman dengan hafalan yang tidak lancar.  Oleh karena itu,  murojaahlah tiap hari minimal 1 juz dalam sehari. Agar dapat menjaga hafalan yang sudah di hafal.  Sehingga kita tidak akan ragu lagi untuk melanjutkan hafalan kita.  Simpan waktu murojaah kita di waktu bada magrib,  karena di waktu itu sangat pas untuk murojaah hafalan kita. Kalau seaindainya bada magrib tidak cukup untuk memurojaah hafalan kita.  Tambahkan waktu 10 menit setiap beres shalat fardu atau sjalat wajib,  seperti 10 menit setelah shalat dzuhur.


Itulah enam tips atau cara yang dapat mempercepat menghafal alqur'an versi www.remajaonline.com Tentunya masih banyak lagi cara  lain untuk bisa mempercepat menghafal alqur'an. Tapi enam hal ini yang paling penting dalam mempercepat menghafal al-qur'an versi www.remajaonline.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Enam Cara Menghafal Al-Qur'an Bagi Pemula"

Post a Comment